Selamat Datang di Farid's note

Lakukan Penelusuran

Like button

Rabu, 09 Maret 2011

Sepintas tentang bumi dan bulan

Bumi adalah planet ketiga dalam susunan tata surya. Sampai sekarang kita masih bertanya-tanya, apakah kehidupan hanya ada di Bumi? Jika kita menyadari bahwa jagat raya ini amat luas dan Bumi ibarat setetes air di dalam samudra, kemungkinan itu ada. Namun, untuk lingkup tata surya sudah dapat dipastikan hanya ada di Bumi sajalah terdapat kehidupan yang sangat berkembang. Sebagian besar permukaan Bumi berupa lautan, yakni 70% dari seluruh permukaan bumi. Sisanya adalah daratan yang tersusun dari dataran, gunung, dan lembah.  Bumi dilingkupi oleh atmosfer. Sebagian besar atmosfer bumi terdiri dari gas Nitrogen (4/5 bagian), sisanya (1/5 bagian) berupa gas Oksigen. Terdapat pula gas lain, tetapi kadarnya sangat kecil.

Kalaupun Bumi adalah tempat hidup kita, banyak hal tentang Bumi yang belum kita ketahui. Rahasia yang terkandung di dalam perut Bumi dan dari dasar samudra masih banyak yang belum terungkap.Taukah anda bahwa umur Bumi diperkirakan sudah mencapai 4,5 miliar (4.500.000.000) tahun. Walaupun bagi ukuran kita umur Bumi sudah sangat tua, menurut ukuran jagat raya umur 4,5 miliar masih tergolong muda.


Bumi memiliki sebuah satelit yakni bulan. Bulan bergerak mengelilingi Bumi dan waktu yang dibutuhkan untuk satu putaran adalah 29,5 hari. Kita dapat melihat bulan dengan jelas pada malam hari karena bulan memancarkan cahaya. Bulan seperti juga planet yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, cahaya tersebut berasal dari pantulan cahaya Matahari.
Bulan adalah salah satu benda angkasa, selain bintang yang bersinar pada malam hari. Manusia dengan teknologinya sudah bisa mencapai bulan. Manusia pertama yang menapakkan kakinya di bulan adalah astronot dari Rusia yang bernama Y. Gagarin dan Neil Armstrong.

Bulan merupakan satelit Bumi yang berputar pada porosnya dan mengitari Bumi sesuai dengan arah putaran Matahari. Bulan 400 kali lipat lebih dekat dengan Bumi jika di bandingkan dengan Matahari. Selain itu, bulan lebih kecil 400 kali lipat dari Matahari. Bulan memiliki diameter (garis tengah) 2.160 mil atau (384.400 km). Jarak antara bulan dan Matahari adalah 92.761.140 (
149.615.600).

Permukaan bulan bertabur batu dan terdiri dari hamparan titik-titik kawah yang tidak terhitug jumlahnya. Diperkirakan umur bebatuan tersebut adalah 4.420.000.000 tahun. Dua kawah yang diketahui terletak pada permukaan bulan dinamakan “Copernicus” dan “Tycho” .
Bulan berotasi setiap 27,5 hari, tetapi karena gerakan perputaran Bumi, bulan memerlukan waktu lebih dari 29,5 hari untuk kembali pada posisinya semula. Ketika bulan mengelilingi Bumi, kita hanya melihat setengah dari cahaya bulan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar