Selamat Datang di Farid's note

Lakukan Penelusuran

Like button

Kamis, 10 Maret 2011

Teori Asal Usul Makhluk Hidup

Salah seorang ahli yang meneliti asal usul makhluk hidup adalah Farancesco Redi (1628 – 1689). Ia membuktikan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup. Ketika melakukan percobaan untuk menguji asal usul makhluk hidup, ia menggunakan potongan daging, seperti daging sapi, kambing, rusa, ayam, angsa, ikan pedang serta belut. Daging tersebut di beri perlakuan yang berbeda. Pada perlakuan pertama, daging ditempatkan di botol yang terbuka. Pada perlakuan yang kedua, daging di tempatkankan di botol yang ditutupi kain kasa. Pada perlakuan yang ketiga, daging ditempatkan di botol yang tertutup rapat.


Setelah didiamkan beberapa hari, ternyata daging dalam botol pertama dang kedua membusuk. Bau busuk itu menarik lalat untuk hinggap. Lalat hinggap di botol pertama dan dipermukaan kain kasa pada botol kedua. Namun, tidak hinggap di botol ketiga.


Beberapa hari selanjutnya terlihat belatung pada daging dibotol pertama dan pada kain kasa di botol kedua. Redi mangamati bahwa belatung kemudian berkembang menjadi lalat. Redi menyimpulkan belatung bukan bersal dari daging busuk melainkan dari telur lalat yang menetas sehingga diambil suatu kesimpulan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar