Selamat Datang di Farid's note

Lakukan Penelusuran

Like button

Jumat, 04 Maret 2011

Sumpah setia (bai'at) kaum anshar kepada Rasulullah SAW

Bai'at Aqabah 1

Setelah ajaran Islam mulai di ketahui oleh penduduk Madinah, maka pada musim haji datanglah 12 orang dari Madinah menemui Rasullah SAW untuk melakukan baiat (sumpah setia) yang di kenal baiat Aqabah 1. Adapun isi baiat tersebut yaitu sebagai berikut :
  1.  Kami tidak akan menyekutukan Allah.
  2.  Kami tidak akan mencuri.
  3.  Kami tidak akan berzina.
  4.  Kami tidak akan memubunuh anak-anak kami.
  5.  Kami tidak akan memfitnah dan menghasut.
  6.  Kami tidak akan mendurhakai Muhammad.
Diantara penduduk Madinah yang ikut dalam baiat Aqabah 1 adalah :
  1. As’ad bin Zurarah
  2. Rafi’bin Malik
  3. Ubadah bin Samit, dan
  4. Abdul Haisam bin Tihan
Ketika bai'at selesai Nabi Muhammad bersabda : "Jika kalian semua memenuhi janji kalian, maka balasannya surga, jika kalian tidak menepati janji kalian, maka urusannya terserah kepada Allah SWT, jika berkehendak ia akan mengampuni".

Setelah pembaiatan ini, para utusan kaum Anshar pulang ke Madinah bersama mereka Nabi Muhammad mengutus Mush’ab bin Umar untuk mengajarkan Al-Qur’an dan hukum-hukum agama kepada mereka.


Bai'at Aqabah 2

Pada musim haji tahun 13 dari kenabian, sekelompok besar kaum muslimin Madinah yang berjumlah 75 (terdiri dari 73 laki-laki dan 2 perempuan) dan dipimpin oleh seseorang yang bernama Al Barra bin Ma’mur, datang ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji dan berbai'at kepada Nabi Muhammad SAW.

Isi dari bai't Aqabah kedua pada intinya sama dengan bai'at Aqabah pertama, hanya pada bai'at Aqabah kedua di akhiri dengan sabda Rasullah SAW berikut : "Saya ingin mengambil perjanjian dengan kamu semua, bahwa kamu akan menjaga saya sebagaimana kamu menjaga keluarga dan anak-anak kamu sendiri”.

Mendengar sabda Rasullah, sebagai pemimpin rombongan Al Barra bin Ma’mur memegang tangan Nabi Muhammad dan berkata : "Demi Zat yang mengutus dirimu dengan kebenaran, kami akan menjaga dan melindungimu sebagaimana kami melindungi keluarga kami sendiri". Demi Allah sesungguhnya kamu adalah kaum yang memiliki darah prajurit dan setia dalam memegang perjanjian persekutuan, kami mewarisi itu semua dari leluhur kami".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar