Selamat Datang di Farid's note

Lakukan Penelusuran

Like button

Jumat, 04 Maret 2011

Syekh Abdul Rauf Singkel

Abdul Rauf Singkel yang sering di sebut dengan Teuku Syah Kuala adalah ulama besar dan tokoh tasawuf Aceh terkenal Ia adalah pembawa dan pengembang Terekat Syatariyah di Indonesia. Ketika masih kecil ia belajar ilmu agama pada ayahnya dan berguru pada Syamsuddin al Sumatrani. Pada usia 27 tahun ia menimba ilmu di Semenanjung Arabia (Yaman, Jedah, Mekah, Madinah), setelah kembali ke Aceh ia bersama muridnya Daud al Jawi al Fansuri mandirikan lembaga pendidikan Islam tradisional “Dayah”.


Abdul Rauf merupakan sosok pencari ilmu yang tangguh. Selama 19 tahun ia berada di tanah Arab untuk mencari ilmu agama. Banyak Syekh Islam terkemuka menjadi gurunya seperti Ahmad Qusasi, Syekh Tarekat Syatariyah, Ibrahim al-Qur’ani. Oleh karena itu ia mempunyai banyak ilmu seperti ilmu syariat fikih, hadits, tasawuf, dan kalam.


Abdul Rauf juga merupakan seorang penulis yang produktif, sekitar 22 kitab tentang fikih, tafsir, kalam, dan tasawuf telah ia tulis antara lain : “Mir’at al tullah fi tahsil al ma’rifat al ahkam asy syar’iyyah li al malik al wahhab” (cermin bagi penuntut ilmu fikih untuk memudahkan mengenal segala hukum syara’Allah). Berkat karya-karyanya ia menjadi ulama Melayu pertama yang menulis fikih muamalah. Ia juga menulis tafsir Al’Qur’an yang berjudul “Turjuman al mustafid” (terjemahan pemberi faedah) yang di terbitkan di Aceh, Penang, Jakarta, Kairo, dan Mekah. Selain menulis fikih dan tafsir, ia juga menulis kitab hadits yaitu koleksi hadits qudsi dan kitab tasawuf yang berjudul “Kifayat al muhtajin“ (pencangkup bagi para pengemban hajat) dan sebuah risalah berjudul “Daq’iq al huruf” (detil-detil huruf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar