Selamat Datang di Farid's note

Lakukan Penelusuran

Like button

Jumat, 04 Maret 2011

Mohammad Natsir

Mohammad Natsir adalah seorang tokoh pembaru yang berasal dari tanah Minang yang bergelar Datuk Sinaro Panjang. Ia termasuk orang Indonesia pertama yang berpendidikan Eropa. Ayahnya bernama Idris Sutan Sripado seorang pegawai pemerintah Hindia Belaka, sedangkan ibunya bernama Khadijah dari suku Caniago. Natsir berpendidikan HIS, MULO di Padang, dan AMS di Bandung. Pagi harinya ia belajar di HIS tetapi sore harinya ia belajar di madrasah Diniyah dan malam harinya mengaji.

Sampai akhir hayatnya ia aktif sebagai organisasi muslim sedunia, seperti kongres muslim sedunia, liga musim sedunia, serta dewan masjid sedunia. Karena itulah ia mendapatkan pengghargaan dari pemerintah Arab Saudi. Natsir juga menulis antara lain "Komtot Het Gebet" (1931 M) dan "Kebangsaan Muslim" (1931 M).

Melalui tulisannya Natsir membela rakyat Indonesia dan umat Islam pada khususnya. Ia menghasilkan karya tulis dan dalam karyanya ia selalu menggunakan nama samaran A. Mukhlis. Ia sudah menulis ratusan artikel, seperti “Muhammad as Profeet” (Muhammad sebagai Nabi) dan sekitar 90 judul buku seperti Kebangsaan Muslim (1931 M).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar